Monday, February 23, 2015

Anti Karat or Rust Protection

Karat merupakan penyakit dari semua motor baik motor laki maupun motor bebek, kenapa karat ini bisa timbul salah satu penyebabnya pada saat musim hujan bekas tanah atau lumpur serta kotoran tidak di bersihkan langsung. Khusus untuk motor grand dan legenda penyakit karatnya biasanya timbul di rangka slebor belakang atau rangka tengah. Rangka tengah ini yang paling berbahaya yang dapat mengakibatkan patahnya rangka motor menjadi 2. penyakit karat yang paling sering terjadi pada motor grand atau legenda : 
  1. Rangka tengah diatas dudukan mesin
  2. Slebor belakang 
  3. Sisi kiri kanan diatas tempat aki 
Untuk mengatasi hal tersebut sudah pasti di bawa ke tukang las di kasih plat untuk mengganti bagian yang karatan. namun ada hal yang kurang diperhatikan setelah proses itu adalah pelapisan atau pemberian anti karat. tujuan pemberian anti karat untuk melapisi supaya bagian tersebut susah di makan oleh karat. kadang banyak yang mengatahui cat anti karat itu cat kuas atau cat yang harus menggunakan spray gun untuk mengaplikasikannya. sekarang ini sudah ada yang lebih simple untuk rust protection menggunakan cat semprot produk tersebut milik penray. harga cat tersebut harga saya beli tahun lalu seharga 65 ribu. 
untuk mengaplikasikannya, pertama yang perlu kalian lakukan bersihkan tempat atau bagian yang akan di cat dengan anti karat. pastikan tidak ada bekas oli atau minyak apapun yang menempel di bagian yang akan di cat. hal yang biasa saya lakukan : 
  1. Cuci dengan bensin 
  2. Bersihkan dengan shampo atau sunlight supaya bekas bensin dan oli bisa bener bener bersih
 
Setelah semua bersih dan kering maka kita masuk ke tahap berikutnya melapisin dengan koran untuk melindungin bagian bagian yang tidak ingin kita lapisin dengan anti karat ini.  cat anti karat ini sifatnya seperti karet dan menyerupai aspal yang masih cair jadi cairannya agak kental kental. sebaiknya pas pengaplikasian cat ini di bawah terik sinar matahari sehingga cepat kering dan merekat dengan baik. maka setelah semua siap kita bisa mulai melakukan penyemprotan
setelah selesai melakukan penyemprotan maka bagian yang kita semprot di jemur di bawah terik matahari selama 1 jam sampai semua bener bener kering. maka pelapisan anti karat sudah selesai. hasil yang akan kita dapat sebagai berikut: 

Semoga tulisan ini bisa bermaanfaat untuk teman teman. terima kasih



No comments:

Post a Comment