Wednesday, February 18, 2015

Fullwave

Saya membuat tulisan ini sekedar untuk membantu teman teman yang ingin memahami apakah Fullwave atau Halfwave. 
Bagaimana mengetahui motor saya ini AC atau DC salah satu ciri motor dengan kelistrikan AC adalah lampu nyala terang redupnya itu mengikuti putaran mesin, artinya jika lampu redup saat putaran mesin rendah maka itu merupakan salah satu indikator kelistrikan motor tersebut AC.  Untuk lebih jelasnya mari kita liat gambar berikut ini :

Jika diliat dari gambar diatas :
Gambar 1 : ini kelistrikan yang ada pada motor grand /legenda / Astrea serta motor lain yang masih menggunakan kelistrikan AC. Dimana pengisian ke aki hanya ada 1 dan lampu mengikuti putaran mesin atau spull sehingga lampu baru akn lebih terang seiring dengan putaran mesin
Gambar 2 : Ini kelistrikan yg akan di rubah sehingga pengisian ke aki sekarang menjadi 2 atau double. Karena sebelumnya yang menjadi ground di cabut dan menjadi pengisian aki. Artinya awalnya yg menjadi beban magnet di modifikasi sebagai pengisian aki. Kabel untuk lampu di putus nantinya akan akan langsung di ikut ke kontak atau langsung ke aki.
Gambar 3 : Hasil yang di dapat dengan merubah kelistrikan Halfwave menjadi fullwave.
            Dari penjelasan gambar diatas maka kita sekarang akan mengerti apa terjadi jika kita merubah kelistrikan motor halfwave menjadi fullwave atau biasa kita kenal dari AC menjadi DC. Mungkin dari beberapa kawan bertanya apa keuntungan menggunakan fullwave :
·      Kelistrikan motor akan stabil karena langsung dari aki sehingga kita memasang perangkat accesoris kelistrikan ndak perlu bingung masang kemana untuk mendapat tegangan 12 V.
·      Awalnya pengisian ke aki hanya 1 karena di lakukan sedikit perubahan maka pengisian ke aki sekarang menjadi 2 artinya pengisian ke aki atau system recharge ke aki menjadi lebih cepat.
·      Memperingan kerja magnet spull kenapa ? karena sebelumnya kabel ground yang menjadi beban magnet di spull di cabut dan dipakai sebagai pengisian ke aki. Juga lampu yg awalnya ikut putaran spull di cabut dan kemudian di sambungkan ke aki. Sehingga 2 beban spull ground dan lampu hilang semua sehingga beban magnet jauh lebih ringan.
Ini sedikit keuntungan apa yg didapat jika kita merubah kelistrikan motor. Mungkin bertanya apa effect negatifnya :
·      Selama saya merubah kelistrikan ndak ada effect negative yang di dapat malah menjadi enak kalau masang2 alat listrik
·      Harus mengeluarkan uang untuk merubah halfwave menjadi fullwave perkiraan biaya sekitar 150 ribu . 

Berikut ini saya memberikan link untuk download bagaimana cara Fullwave khususnya motor grand : Fullwave motor Grand

No comments:

Post a Comment