Thursday, February 19, 2015

Gear Ratio

Pertanyaan ini sering banget muncul dan jawabannya pun sebenarnya sama semua di sesuaikan kebutuhan. paling sering di tanyakan pakai gear apa yang pengen lari kencang dan top speednya dapat ? paling gampang ya Ganti Kunci dan BPKB beres masalah selesai. Kenapa saya katakan begitu karena gear ideal untuk grand 14-36 ini bawaan standar dari pakbrik sesuai dengan mesin standart grand ataupun legenda. mari kita pelajarin bagaiamana sich perhitungan gear ratio :

  1. Gear Standart grand 14-36 perhitungannya 36/14=2.57 dengar gear ini terasa pas karena sudah di sesuaikan dengan spek mesin standartnya
  2. kemudian saya mencoba pakai gear 14-38 perhitungannya 38/14=2.71 dengan gear ini terasa banget tarikan mesin sangat enteng dan responsif banget. tapi kelemahan gear ini saat di pakai track panjang tarikan mesin cepat habis padahal mesin masih mampu untuk naik namun terbatasin oleh gear.
  3. berdasarkan itu disarankan saya pakai 14-35 supaya mudah saya naikan 1 gear depan artinya sama dengan menurunkan 3 gear belakang. perhitungannya 35/14= 2.5 sedangkan saya pakai 38/15=2.53 selisih antar gear yg diinginkan hanya 0.03 saja. setelah memakai gear ini tarikan mesin terasa lebih berat di bandingkan 14-38 namun motornya masih bisa di gas dan naik terus sampai habis tanpa terasa kehabisan gear. 
Dari penjelasan di atas artinya jika hasil perhitungan rationya semakin besar artinya tarikan semakin enteng namun gasnya cepat habis, tapi bilang perhitungan gear ratio lebih kecil di bandingkan standartnya tarikan terasa berat namun top speed yang di dapat lebih tinggi. setiap ingin bermain gear ratio pasti ada plus minus. masalah plus minusnya itu kembali kepada diri kita sendiri. Jadi dari diatas semua penjelasan, maka pilihan ideal gear untuk saya berapa ? setiap orang mempunyai selera yang berbeda jadi yang penting paham bagaiamana perhitungan gear ratio. semoga penjelasan ini bisa membantu.

No comments:

Post a Comment