Monday, February 23, 2015

Melepas Striping Motor



Melepas striping ori motor honda, yamaha dll. merupakan pekerjaan yang sangat menguras tenaga dan menguji kesabaran. mencoba baca sana sini ada yang menyarankan menggunakan bensin tapi dengan reksiko plastik body motor itu sendiri lebih mudah cacat karena menjadi lembek. tehnik lainnya menggunakan minyak kayu putih tanpa reksiko merusak body namun di perlukan kesabaran juga untuk melepasnya karena sangat susah terlepasnya. akhirnya kembali saya bertanya sama teman om Buary yang menyarankan menggunakan hair dryer jadi stripingnya di panaskan baru setelah gelembung atau terangkat baru di cabut. setelah mendengar cerita beliau saya tertarik untuk menggunakan cara ini kayaknya lebih mudah untuk saya. permasalahannya saya ndak punya hair dryer baiklah beli yang paling murah aja seharga 125 ribu. akhirnya saya coba panaskan striping itu dengan hair dryer namun setelah di panaskan agak lama kok stikernya ndak lepas atau gelembung kayak plastik kenapasan ya. hmmmm.....mulai sedikit agak jengkel kok gagal juga ya. 
namun saya ingat om Buary bilang kalau striping honda itu emang paling kuat lemnya di bandingkan suzuki ataupun yamaha, akhirnya saya mencoba di panaskan dulu agak lama setelah itu saya coba cungkil pakai alat. 
Awalnya emang agak susah supaya striping ini mau terlepas, coba beberapa kali di panaskan ternyata emang butuh agak lama di panaskan supaya bener bener lemnya terlepas dari body motornya. akhirnya berhasil juga melepas ujungnya sebagai awalan untuk melepas striping. setelah terlepas seperti berikut 
maka kita dapat melanjutkan panas secara bertahap sedikit demi sedikit, di panaskan dulu di tarik pelan sebanyak area yang kita panaskan. maka striping akan terlepas dengan mudah sesuai dengan bidang yang kita panaskan. jangan di tarik langsung pasti stripingnya langsung sobek karena lemnya masih menempel dengan kuat pada body motor. Untuk melepas striping motor body dan tutup aki kiri kanan pada motor legenda hanya memakan waktu tidak lebih dari 30 menit. 

akhirnya semua striping sudah terlepas dan siap untuk masuk proses selanjutnya.

No comments:

Post a Comment