Thursday, February 26, 2015

Oli bocor dari crankcase

Mungkin dari kalian ada yang menghadapi masalah bocornya oli dari lubang untuk mur di crankcase. saya dulu pernah mengalami saat itu dudukan baut di tutup gear kepanjangan mur, sehingga tembus crankcase. saat itu di kepala saya hanya harus turun mesin dan di belah kemudian membawa ke las diral untuk di tutup supaya tidak bocor lagi. akhirnya saya coba membawa ke bengkel dan bercerita ke mas Unyeel masalah oli yang bocor terus beliau bilang ngapain di bongkar di sumbar aja khan beres. saya berpikir bagaimana caranya khan itu besi ya secara saya bener bener awam masalah mesin. akhirnya mas unyeel nunjukan kayak mur. saya lupa apa namanya akhirnya teman saya jimbon mengalami hal yang sama dengan saya kemudian saya pergi ke toko mur dan baut dekat dengan rumah saya. saya bercerita mur saya maksud dan mereka bilang itu namanya SetL 

Untuk mengaplikasikan sangat mudah banget. selain SetL kita harus punya kunci L untuk masukan alat tersebut ke yang bocor. pertama, bagian yang akan di buntu di bersihkan terlebih dahulu dari kotoran sehingga nanti lebih mudah untuk memasangnya. Kedua sebaiknya oli motor di kuras dulu untuk kalian yang awam, kalau saya dulu di bengkel hanya di miringkan saya sambil saya pegangin. setelah semua bersih dan siap maka bisa kita segera aplikasikan. 

untuk mengaplikasikannya, kita gunakn kunci L kemudian pasangkan setL setelah itu pada bagian ujungnya kita berikan tribon, tujuan memberikan supaya bisa menutup sela sela yang memungkinkan untuk tempatnya merembes oli. kita berikan agak banyak supaya yakin bener bener bisa menutup cela.
setelah itu kita mulai masukan setL kelubang yang ingin kita buntu seperti tampak pada gambar atas. kita masukan secara perlahan sampai mentok kemudian kita kencangin pelan yang penting rapat jangan di putar keras karena takutnya SetL malah ikutan tembus di lubang. setelah itu biarkan sekitar 15 menit baru kita masukan lagi oli ke mesin. selesai


2 comments: