Monday, February 23, 2015

Membersihkan Karburator

Jika melihat montir bengkel bongkar karburator serta membersihkan kelihatannya tampak mudah banget. namun saat mencoba dulu ya ada aja masalahnya mulai dari pasang kabel gasnya susah banget sampai pas mengembalikan karburator jadi malah ndak nyala. Namun itu semua merupakan proses pembelajaran supaya bisa dan paham mengenai motor. pada suatu hari saya service mobil saya untuk stel klep, ganti busi serta karburator. bahasa kerennya Tune Up. saya melihat mekanik mobil saya menggunakan semprotan foam yang di semprotkan ke karburator saya, kemudian saya bertanya itu apa ? oh ini cleaner untuk mobil injector. 
ternyata cleaner ini bisa di gunakan untuk mobil yang menggunakan karbu juga ya ? iya bisa untuk motor pun juga bisa kok. akhirnya saya memperhatikan saat mekanik saya membersihkan dan setelah selesai saya membeli cleaner tersebut di tambah cleaner karburator juga.
setelah lengkap saya pun mencoba mempraktekan yang di ajarkan sama mekanik mobil saya. pertama semprotkan foam injector ke karburator termasuk ke lubang lubang kecil di sisi moncong karburator posisi motor dalam keadaan mati. seperti pada gambar berikut.


setelah semua di semprotkan maka, kita biarkan 10-15 menit karena foam itu akan mulai bekerja merontokan kotoran di dalam karburator dan biasanya nanti foamnya berubah warna menjadi hitam. setelah 10-15 menit untuk sisi moncong motor kita gunakan jari kita untuk mengosok supaya kotoran tersebut bener bener lepas dan bersih. setelah selesai kita baru mulai nyalakan motor kita biasanya pada awalnya setelah di semprot foam ini agak susah nyala bisa di bantu dengan choke motor, setelah nyala maka kita mulai semprotkan karbu cleaner. 
pada saat menyemprotkan semprotan ini kita sambil di gas supaya tidak mati, kita semprotkan sampai karburator kita bener bener bersih. setelah bersih untuk tahu karbu kita sudah bersih apa belum maka kita coba tutup moncong motor dengan tangan sambil di gas cukup di tutup bentar saja jangan sampai mati, setelah itu kita liat telapak tangan kita nampak kotoran atau tidak. jika masih kotor maka kita ulangi proses diatas. kenapa mesti di tutup ? karena pada ditutup karbu kondisi vacum dan semua bensin otomatis akan naik seperti di choke. dengan kondisi vacuum gitu bisa mengetahui karbu kita masih kotor atau tidak dengan meliat telapak tangan kita tadi. 
Setelah proses itu maka kita akan melihat hasil karbunya, cling jadi bersih dan semua kerak hilang dengan cara praktis dan simple bagi kita yang awam dengan perbengkelan.

No comments:

Post a Comment