Thursday, February 19, 2015

Cat dengan Spray Gun

Sebenarnya belajar ngecat karena capek dan bosan main cat pakai cat semprot atau biasa orang sebut pylox. Cat semprot yang paling sering saya gunakan ada cat " Samurai" hasil dari cat semprot ini pun sangat memuaskan untuk ukuran saya pribadi, karena :
  1. Tidak mudah pecah karena cat ini lentur 
  2. Tidak mudah luntur karena kena bensin
  3. Harga pun relatif murah untuk kantong kita yang hobbie cat ala kadarnya.
  4. Hasil sangat memuaskan
  5. Sangat mudah menggunakannya 
Minus produk ini :
  1. agak susah mendapatkan karena masih produk baru
  2. Agak susah menemukan toko yang punya variasi warna lengkap.
Karena suka ngecat pakai menggunakan samurai akhirnya menjadi kencanduan untuk ngecat sich. dikarenakan hal tersebut saya akhirnya memutuskan membeli Kompresor untuk sekedar menyalurkan hobbie ngecat aja. Setelah melakukan survey sana sini saya tertarik dengan produk pigeon akhirnya saya memilih kompresor tersebut dengan pilihan kompresor 1 HP. kenapa saya memilih 1 HP karena saya beli hanya sekedar menyalurkan hobbie dan pengen belajar aja cara mengecat yang benar.
serta membeli perlengkapan lainnya seperti : Selang kompresor spiral, semprotan angin (digunakan untuk pas bersihin motor ataupun mobil, serta nipple untuk masang alat ke selangnya. setelah membeli kompresor serta perlengkapan. saya pun mulai melakukan survey alat spray gunnya. untuk spray gun yg kecil relatif murah harga mulai 100 ribuan sampai 400 ribu. tergantung merk dan seberapa bagusnya semprotannya. Untuk spray gun saya hanya bermodalkan feeling aja akhirnya pilihan saya membeli merk Melzer dengan harga 175 ribu di AJBS surabaya. 
Kemudian saya pun mulai berkonsultasi sama teman saya di forum yang telah terlebih dahulu mainan cat pakai kompresor. namanya om Budi Ariyanto, itupun berdasarkan Fbnya sich. kadang nama di FB suka ndak sesuai dengan nama aslinya maaf loch om Buary. akhirnya om Buary kasih daftar list yang di perlukan untuk belajar ngecat pakai kompresor, daftar sebagai berikut :
  1. Cat Epoxy atau Primer banyak banget namanya tapi fungsinya sama. pilihan yang saya gunakan jatuh pada 2 merk Suzuka dan Hubben semua saya beli ukuran 1/4. 
  2. Thiner PU saya menggunakan 2 merk Bliken dan Autobright untuk ini saya beli ukuran 1 Liter karena adanya emang ukuran segitu yang paling kecil. 
  3. Clear coat atau vernis sebagai lapisan akhir cat. untuk ini saya di sarankan om Buary menggunakan merk Bliken dan saya memilih ukuran 1/4 juga. 
  4. Untuk cat pilihan merknya sangat banyak banget semua tergantung selera akhirnya saya memilih ukuran tengah merk Danagloss warna solid harga eceran 1/4 di jual harga Rp 35.000
  5. Amplas om Buary perlu ukuran 600, 800, 1000 dan 1200 namun saya tambah ukuran 120 dan 300 alasannya saya suka kadang kurang telaten untuk ngamplas sich :D.
  6. Isolasi Kertas untuk seal saat selesai menggunakan cat ataupun thinner.
  7. Saringan cat tujuan untuk menyaring kotoran supaya tidak masuk ke Spray gun
  8. Dempul instan atau pasta saya menggunakan merk Seiken tapi untuk dempul ini hanya di gunakan untuk menutup lubang lubang atau pori pori kecil saja. 

Setelah alat lengkap saya pun sempat menggunakan spray gun sekedar untuk mencoba aja, ternyata saya sempat kaget karena hasil yang saya dapatkan seperti berikut : 

Setelah itu saya bertanya dengan om Buary dan Om zaenal ternyata katanya itu terjadi karena adanya air yang bisa karena masuk dalam cat atau berasal dari kompresor. setelah itu saya mencoba mengulangi lagi dengan cara membuang isi tangki kompresor dan menyemprotkan spray gun pastikan tidak ada air. kemudian saya berpikir apakah tidak ada solusi mengatasin masalah tersebut saya pun mulai melakukan survey di internet dan youtube. Akhirnya saya pun mendapatkan jawaban untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan Water Trap atau Filter Air. Saya pun akhirnya mencoba mencari alat tersebut di Jalan Raden Saleh, Surabaya. setelah muter sana sini akhirnya saya mendapatkan alat tersebut, yang bentuknya sebagai berikut :
harga alatnya aja seharga Rp 175.000 di luar kuningan untuk nyambung ke kompresor nantinya. untuk kuningannya dll itu saya menghabiskan Rp 50.000. pada saat memasang nanti ke kompresor jangan lupa untuk di kasih isolasi pipa supaya anginnya tidak keluar melalu sela sela ulir. setelah itu saya pun mencoba kompresor dan berfungsi sangat baik, karena emang dapat menyaring air dari kompresor. air hasil saringan dari kompresor akan tampak seperti berikut : 
Untuk masalah perlengkapan cat menggunakan spray gun, ini mungkin yang di perlukan untuk pemula sekedar iseng aja semoga bisa membantu teman teman yang ingin belajar menggunakan cat dengan spray Gun



4 comments:

  1. Gan, mau tanya dong. Ane jg lagi belajar ngecat nih, lapisan pertama / epoxy hasil sudah bagus, dan untuk warna primer 1 lapis bagus juga, dan untuk lapisan warna primer yg ke 3&4 itu ada bintik" seperti ada debu / gumpalan cat. Padahal di media yg saya cat bersih dan cat pun rata / tidak ada gumpalan. . Itu kenapa ya bisa ada bintik seperti itu? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Gan, mau tanya dong. Ane jg lagi belajar ngecat nih, lapisan pertama / epoxy hasil sudah bagus, dan untuk warna primer 1 lapis bagus juga, dan untuk lapisan warna primer yg ke 3&4 itu ada bintik" seperti ada debu / gumpalan cat. Padahal di media yg saya cat bersih dan cat pun rata / tidak ada gumpalan. . Itu kenapa ya bisa ada bintik seperti itu? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Biasanya ada 2 penyebab :
    Adanya kandungan air
    Atau bisa juga pengeringan yg terlalu cepat...sehingga cat belum rata eh si thiner sudah menguap..smoga tidak puas.😃

    ReplyDelete